Audi kembangkan bahan bakar dari air

Audi E-diesel 008636

Berkolaborasi dengan perusahaan Perancis, Global Bioenergies, produsen mobil Audi menciptakan E-Benzin. Bahan bakar yang diproduksi tanpa menggunakan bahan minyak bumi. Bahan bakar ini ‘sangat bersih’ karena tidak mengandung unsur Belerang dan Benzena. 100% iso-octane dengan angka RON mencapai 100. Wah…. saingan sama Pertamax Racing nih đŸ™‚

Bahan bakar ini masih akan diuji coba lebih lanjut, selain itu juga akan dikembangkan proses produksi yang lebih efisien dan lebih ramah lingkungan karena dalam prosesnya hanya membutuhkan air, hidrogen, CO2 dan sinar matahari. Detail prosesnya tentu saja sangat dirahasiakan oleh Audi.

Selain itu, Audi sudah pula memproduksi E-Gas atau Metana Sintetis untuk aplikasi industri. Disamping masih ada proyek riset lainnya untuk bahan bakar E-Ethanol dan E-Diesel. Kabarnya, E-Diesel ini hanya memanfaatkan CO2, udara, dan energi listrik dalam proses produksinya. Prinsip dasarnya, CO2 yang di-ekstrak dari udara bereaksi dengan Hidrogen (hasil elektrolisa dari air) pada suhu 220 derajat Celcius dan tekanan 25 Bar dan menghasilkan ‘Energetic Liquid’ yang merupakan senyawa hidrokarbon.

E-Ethanol sendiri adalah bahan bakar yang dihasilkan dari proses ‘fotosintesis’ oleh mikroorganisme yang memanfaatkan CO2 dan limbah air. Produk akhirnya adalah bahan bakar dengan sifat mirip bio-ethanol, hanya saja lebih tidak memakai bahan dari minyak bumi.

Sekilas, bahan bakar hasil pengembangan Audi ini diproduksi dari bahan air, bukan minyak bumi. Sepertinya cocok buat Indonesia, kekhawatiran akan menipisnya produksi minyak nasional dan melambungnya konsumsi BBM dalam negeri harus disikapi dengan bijak dan cerdas. Bahan bakar bio sepertinya belum jadi pilihan yang utama saat ini. Melihat dari usaha Audi ini, berharap saja ada pihak pemerintah atau swasta yang mengikuti jejaknya. Apalah susahnya mencari air di bumi khatulistiwa ini. Hanya tekat dan kemauan saja yang sepertinya masih perlu ditambang dari dalam perut bumi.

Sumber : AUDI

Iklan

One thought on “Audi kembangkan bahan bakar dari air

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s